Kenapa Suhu di Daerah Gunung Lebih Dingin?

Kenapa Suhu di Daerah Gunung Lebih Dingin?

Kalau pergi ke daerah gunung atau bahkan ke puncak gunung, kita akan merasa lebih dingin daripada di daerah kota yang jauh dari gunung. Kira-kira kenapa ya? Yuk, kita simak!

Lapisan Atmosfer

Bumi memliki beberapa lapisan atmosfer. Ionosfer merupakan lapisan paling luar Bumi. Stratosfer adalah lapisan tengah. Troposfer merupakan lapisan paling bawah, di sinilah kita hidup. Kalau lapisan ini digabung, tebalnya bisa mencapai ratusan kilometer, lo. Lapisan-lapisan inilah yang melindungi kita dari panasnya matahari atau dari benda-benda langit yang tak sengaja menyentuh Bumi.

Suhu di Troposfer

Percobaan dan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan membuktikan bahwa semakin tinggi di atas troposfer, maka suhunya akan semakin rendah atau semakin dingin. Setiap naik ke ketinggian 300 meter, suhu akan turun sekitar 2 derajat Celcius.

Jadi kalau di Jakarta yang berada di ketinggian 7,9 meter di atas permukaan laut (7,9 mdpl) dan bersuhu 29 derajat Celcius, maka di Bandung yang terletak pada ketinggian 768 mdpl suhunya sekitar 24 derajat Celcius.

Matahari Memantulkan Panas

Pada permukaan Bumi, udara akan selalu hangat. Alasannya karena Matahari memancarkan panasnya ke Bumi, tapi Bumi memantulkan panas itu untuk menghangatkan udara.

Meskipun troposfer berada di atas dan dekat dengan Matahari, tetapi udara di lapisan atmosfer ini tidak bisa panas karena Matahari tidak bisa menghangatkan atmosfer secara langsung.

Sumber : http://bobo.grid.id

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !