Di Jepang, Pelajaran Etika dan Moral lebih Diutamakan

Di Jepang, Pelajaran Etika dan Moral lebih Diutamakan

Pendidikan dasar di sekolah Jepang ternyata dilandasi pada pentingnya "Moral". Moral menjadi fondasi yang ditanamkan "secara sengaja" pada anak-anak di Jepang.
.
Filosofi yang diajarkan adalah bagaimana menaklukan diri sendiri demi kepentingan yang lebih luas. Anak-anak diajarkan untuk memiliki harga diri, rasa malu, dan jujur. Mereka juga dididik untuk menghargai sistem nilai, bukan materi atau harta. .
Ada 4 aspek yang ditanam yaitu Menghargai Diri Sendiri (Regarding Self), Menghargai Orang Lain (Relation to Others), Menghargai Lingkungan dan Keindahan (Relation to Nature & the Sublime), serta menghargai kelompok dan komunitas (Relation to Group & Society). Pendidikan ini akan menanamkan pada anak-anak bahwa hidup tidak bisa semaunya sendiri, terutama dalam bermasyarakat. Tak heran kalau kita melihat dalam realitanya, masyarakat di Jepang saling menghargai.
.
Bahkan, mereka hampir tidak pernah menunjukkan atau bicara tentang materi. Anak-anak di SD Jepang tidak ada yang membawa handphone, ataupun barang berharga. Berbicara tentang materi adalah hal yang memalukan dan dianggap rendah di Jepang.
.
Besarnya kekuatan industri Jepang, majunya perekonomian, teknologi canggih, hanyalah ujung yang terlihat dari negeri Jepang. Di balik itu semua ada sebuah perjuangan panjang dalam membentuk budaya dan karakter.
.
Bagaimana, kamu tertarik untuk belajar pendidikan di Jepang?


No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !