Bob Freeberg, Pilot Amerika yang berkorban demi kemerdekaan RI

Bob Freeberg, Pilot Amerika yang berkorban demi kemerdekaan RI
Bob Freeberg, Pilot Amerika yang berkorban demi kemerdekaan RI

Banyak orang berpikiran negatif terhadap Amerika Serikat. Negara Paman Sam itu memang beberapa kali membuat tanah air carut marut. Tapi tahukah kamu, ada seorang pilot berkebangsaan Amerika yang baik hati membantu kemerdekaan Indonesia.

Dia adalah Bob Earl Freeberg, seorang pilot asal Kansas, Amerika Serikat. Saat Perang Dunia II berkecamuk, Bob mengabdi sebagai pilot perang Angkatan Laut AS. Setelah PD II berhenti, Bob lebih memilih untuk tinggal di Filipina dan bekerja di maskapai komersil CALI.

Bob pertama kali terbang ke Indonesia di tahun 1947. Kala itu ia menerbangkan pesawat menuju Yogyakarta. Bersama Petit Muharto Kartodirdjo sebagai ko-pilotnya, mereka dengan gagah berani terbang menembus blokade udara Belanda. Mereka telah melakukan banyak misi penerbangan dalam rangka membela kemerdekaan yang telah diproklamirkan namun kemudian terancam dengan kedatangan Belanda untuk kembali melakukan pendudukan

Misi pertamanya adalah mengirim 29 peti bubuk kina dan 11 peti biji vanila dari Filipina untuk Indonesia. Pesawat miliknya teregistrasi dengan nama RI-002 demi mengelabui Belanda.

Di misi pertamanya ini, penerbangan Bob sempat ditentang pemerintahan Belanda lantaran urusan legalitas serta adanya kru orang Jawa. Beruntung pihak Filipina berhasil mengendalikannya.

Selain itu, Bob juga membantu menerbangkan pasukan penerjun Indonesia ke pulau Kalimantan untuk berjuang melawan NICA. Ia juga menerbangkan delegasi Indonesia ke konferensi UN ECAFE (United Nations Economic Commission for Asia and the Far East) di Filipina.

Setelah beberapa kali menjalankan misi untuk Indonesia, Bob megngalami kecelakaan fatal hingga nyawanya melayang saat akan memberikan uang kepada pejuang di Sumatera. “Dia mengalami kecelakaan ketika aku mengirimnya ke Palembang membawa uang untuk membantu gerilya di Sumatra,” kenang Soekarno dalam buku biografinya

Sumber : http://historia.id

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !