10 ribu rakyat Maroko Turun ke jalan tolak Kedubes AS di Jerusalem

10 ribu rakyat Maroko Turun ke jalan tolak Kedubes AS di Jerusalem

Lebih dari 10.000 rakyat Moroko berdemonstrasi di Casablanca pada Ahad menolak kedutaan besar Amerika Serikat baru di Jerusalem (Baitul Maqdis). Sambil mengumandangkan slogan “Kematian untuk Israel”, para demonstran mengibarkan bendera Palestina dan spanduk bertuliskan “Al Quds ibu kota Abadi Palestina”. Baik laki-laki dan perempuan ikut turun, namun tempatnya dipisah, lapor Reuters.
.
Presiden AS Donald Trump memutarbalikkan kebijakan bertahun-tahun AS dengan mengakui Jerusalem sebagai ibu kota “Israel”. Kedutaan baru AS dibuka di wilayah terjajah pada 14 Mei, dengan upacara yang dihadiri pejabat AS, sementara tentara “Israel” membunuh 60 warga Palestina yang berdemonstrasi di dekat perbatasan Gaza.
.
Sejak tahun 1967 penjajah Israel mencaplok penguasaan wilayah Yerusalem Timur, termasuk mengontrol Masjid al-Aqsha, menginvasi sepetak demi sepetak halaman rumah warga Palestina. Walau pencaplokan Israel atas Yerusalem Timur tak pernah diakui oleh komunitas internasional, tapi sepanjang 51 tahun berlangsung, hingga hari ini penjajahan itu masih berlangsung.

Demonstrasi Casablanca digagas oleh koalisi empat partai termasuk kelompok oposisi Islam al-Adl Wal Ihsan, yang dilihat sebagai kelompok oposisi paling berpengaruh Moroko.*/Nashirul Haq AR

Hidayatullah

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !